Aplikasi Karburator PE28 pada Yamaha Scorpio

Posted: November 12, 2012 in Tips & Trik Motor

Aplikasi karburator PE 28 buatan Thailand disebut dapat menaikkan performa motor. Lalu bagaimana jika diaplikasikan pada Yamaha Scorpio. Setelah saya browsing-browsing dan tanya ke bengkel langganan, begini ceritanya :

Harga karburator PE28 buatan Thailand sendiri variatif, dengan kisaran harga antara Rp 450 ribu hingga Rp 650ribu. Menurut rekan-rekan yang lain, aplikasi komponen karburator after market buatan Negeri Gajah Putih tersebut sudah cukup untuk membuat responsivitas bukaan gas lebih cepat, karena menganut satu sistem kinerja. Berbeda dengan sistem karburator vakum Yamaha Scorpio yang menganut sistem tiga kinerja.

Meski demikian, rekan-rekan saya menyarankan agar aplikasi karburator PE28 juga diimbangi dengan settingan yang disesuaikan dengan kebutuhan suplai bahan bakar sesuai kebutuhan empunya. Sebagai referensi, misalnya perubahan pilot jet standar pada karburator PE28 ukuran 38 bisa dinaikkan ukuran 40. Sementara main jet dari ukuran 110 dinaikkan ke ukuran 112,5 atau 115.

Perubahan karburator tersebut juga sebaiknya diimbangi dengan perubahan per kopling after market. Implikasi dari perubahan karburator dan per kopling ini sudah cukup untuk menaikkan performa mesin sekitar 20 km/jam dari kondisi standar.

Foto PE28:

Itulah sedikit tips n trik dari saya dan rekan-rekan bikers yang lain. Semoga bermanfaat bro.

Comments
  1. si bowo says:

    foto diatas itu pe26

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s